Info

Bagaimana Cara Membuat Masker Tanpa Mesin Jahit?

cara membuat masker

Ketika orang-orang ramai mencari masker pelindung yang langka tempo waktu, banyak juga orang yang mengakalinya untuk membuat masker sendiri dengan bahan yang ada. Bagaimana sih cara membuat masker itu sendiri? Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat masker itu? Di sini kita bakal membahasnya.

Cara Membuat Masker Tanpa Mesin Jahit

Belakangan ini pemerintah Indonesia menegaskan kepada masyarakat untuk tetap mengenakan masker untuk mengurangi risiko penularan virus corona yang sedang merebak. Baik sedang sakit maupun tidak, semua wajib mengenakan masker. Namun, ketersediaan masker kesehatan sudah langka.

Nah, buat kamu yang sedang kesusahan untuk mencari masker kain yang sesuai dengan standar, kamu bisa berinisiatif untuk membuat masker kain sendiri, bahkan tanpa perlu alat jahit. Berikut ini adalah beberapa cara membuat masker tanpa dijahit yang perlu kamu lakukan:

1. Siapkan Bahan Kain yang Akan Dibuatkan Masker

Menyiapkan bahan kain yang akan dibuatkan masker adalah langkah pertama yang harus kamu lakukan. Pastikan kamu menggunakan jenis bahan kain yang tepat untuk membuatnya. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui cara memilih bahan untuk masker kain yang tepat supaya masker bisa lebih efektif digunakan untuk pencegahan penularan droplet virus.

Melakukan hal ini tidak sulit, bahkan kamu pun bisa memanfaatkan kain-kain tertentu yang berada di rumah. Bahan katun merupakan salah satu kain yang tepat untuk membuat masker pelindung.

2. Membuat Pola Bentuk Masker

Langkah selanjutnya sebagai cara membuat masker tanpa menggunakan alat jahit adalah membuat polanya. Langkah ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan kertas karton sebagai model atau pola.

Pola yang dibuat bisa disesuaikan dengan ukuran wajah masing-masing. Selain itu, kamu pun bisa membuat pola masker sesuai dengan selera, baik itu diperbesar ataupun diperkecil.  Namun, sangat disarankan untuk membuat pola yang pas dengan ukuran wajah. hal ini dilakukan supaya nantinya bisa cocok dengan bentuk wajah penggunanya.

3. Potong Kain Sesuai dengan Pola

Memotong kain sesuai dengan pola yang dibuat sebelumnya adalah langkah selanjutnya dalam pembuatan DIY masker. Perlu diperhatikan, jangan memotong kain pas dengan bentuk pola. Dalam hal ini, potong kain lebih besar beberapa sentimeter supaya ukuran masker yang nantinya dibuat tidak terlalu kecil.

Usahakan memberikan jarak sedikit di semua sisinya. Kamu pun dapat memberikan jarak kira-kira 0,5 cm-0,8 cm. Pastikan pula bahwa semua kain juga harus dipotong sesuai bentuk pola ya.

4. Menjahit Sesuai Pola

Hal selanjutnya adalah yang paling penting, yaitu menjahit masker sesuai pola. Caranya adalah dengan cara melipat kain menjadi dua. Kemudian, jahit bagian yang berbentuk ‘V’, tentunya tanpa harus menggunakan mesin jahit. Kemudian, jahit tiap sisi bagian kain yang telah terbentuk sesuai dengan polanya.

Kamu bisa menggunakan teknik jahit mana pun sesuai dengan kamampuan karena yang terpenting adalah jahitannya bisa rapat mengikuti pola yang telah dibuat. Setelah itu, tumpuklah kain yang telah disiapkan sebelumnya. Jangan lupa beri jarum pentul, agar tidak bergeser.

Membuat Masker atau Membeli Masker?

Membuat masker merupakan salah satu alternatif bagi kamu yang tidak bisa menemukan masker kesehatan atau masker bedah yang dibutuhkan. Dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah, kamu bisa memilik masker berbahan kain.

Akan tetapi, jika membuat masker dirasa akan terlalu merepotkan kamu pun bisa membelinya di konveksi masker kain atau toko-toko yang menjual masker lainnya. Kamu juga bisa memesannya secara custom di Bandung Kaos Polos untuk membeli berbagai jenis masker yang kamu butuhkan.

 

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *