Uncategorized

4 Langkah Cara Mencuci Masker Bahan Kain yang Harus Dilakukan

cara mencuci masker kain

Penggunaan masker kain  meningkat karena jenis masker tersebut bisa menjadi alternatif sebagai pengganti surgical mask atau masker bedah dalam  penularan COVID-19. Nah, karena terbuat dari bahan kain dan bisa dikenakan kembali, kamu pun harus tahu cara mencuci masker kain untuk sebagai pagian dari perawatannnya. Langkah apa saja sih yang harus dilakukan dalam proses pencuciannya? Simak yuk!

Cara Mencuci Masker Kain yang Benar

Salah satu alasan mengapa banyak orang yang memilih untuk menggunakan masker kain adalah karena penggunaannya bisa dilakukan secara berulang-ulang. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan terkait cara mencuci masker tersebut.

Jenis masker yang dibuat dari bahan kain itu sendiri perlu dicuci secara rutin. Ketika melakukan proses pencuciannya, sebaiknya kamu harus menghindari kontak langsung dengan  mata, hidung atau mulut, serta selalu rutin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Selain itu, kita perlu juga memerhatikan tahapan pencucian yang tepat agar kuman dan virus pada masker kain hilang secara maksimal.  Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu jalankan pada saat mencuci masker kainmu:

1. Mencuci Tangan Terlebih Dahulu

Nah, untuk menghindari cepatnya penyebaran virus Corona, sebaiknya kamu pastikan tanganmu bersih dan steril. Cucilah tangan dengan menggunakan sabun terlebih dahulu sebelum kamu melakukan proses pencucian masker. Hal ini dilakukan dengan tujuan menghindari penyebaran virus jika menempel pada serat-serat kain maskernya.

2. Gunakan Air Panas

Karena virus corona itu sendiri cukup rentan dengan suhu tinggi, kamu pun bisa menggunakan air panas pada saat melakukan proses pencuciannya. Hal ini pun sangat disarankan, terutama menurut Direktur Lab Pembersihan Good Housekeeping Institute mereka mengatakan bahwa akan lebih baik jika masker wajah tersebut dicuci dengan air panas di dalam mesin cuci.

Setelah proses tersebut dilakukan, kamu juga harus mengeringkan maskernya dengan suhu tinggi. Namun, perlu diingat pula bahwa masker kain yang bahannya lebih lembut mungkin perlu dicuci menggunakan tangan.

3. Gunakan Deterjen yang Tepat

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam cara mencuci masker kain adalah dengan menggunakan deterjen yang tepat. Akan lebih baik jika pada detergennya mengandung bahan aktif lain untuk memastikan semua mikroba yang mungkin ada pada masker mati.

Selain itu, mencuci masker kain harus mengikuti rutinitas yang sama seperti layaknya mencuci pakaian dalam. Demikian dikatakan Direktur Pusat Kepemimpinan untuk Penelitian Pendidikan Keperawatan di Universitas Widener, Darrell Spurlock. Dalam hal ini, kamu harus memerhatikan penggunaan masker kain yang kamu gunakan. Gantilah masker secara rutin secara berkala dan ketika kotor,

4. Menggunakan Air Mengalir

Satu hal yang tidak kalah penting yang harus kamu perhatikan saat melakukan proses pencucian maskermu adalah dengan menggunakan air mengalir pada saat dibilas. Hal ini dilakukan supaya kuman, bakteri, bahkan virus bisa hilang dengan mudah pada saat  air dialirkan pada bilasan terakhir proses mencucinya.

Pentingnya Merawat Masker Kainmu

Mengetahui cara mencuci penutup wajah tersebut dengan baik merupakan bagian dari perawatan masker kain yang tentunya penting sekali untuk diperhatikan. Hal ini dilakukan supaya masker bisa digunakan secara efektif, terutama untuk menghindari cepatnya penularan virus corona atau COVID-19 ini.

Nah, jika kamu membutuhkan masker kain sebagai pengganti atau alternatif surgical masker, kamu bisa memesannya di Bandung Kaos Polos. Karena, selain menjual kaos dengan banyak warna kini supplier kaos tersebut juga menyediakan masker karakter untuk anak dan dewasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *