Tips

Cara Memakai Masker Kain untuk Mencegah Infeksi Virus Corona

cara menggunakan masker

Karena langkanya  masker bedah dan masker respirator N95 yang ideal untuk mencegah infeksi virus Corona, kini banyak yang menggunakan masker kain sebagai alternatif untuk terlindung dari virus tersebut. Namun, bagaimanakah cara menggunakan masker kain yang ideal untuk mencegah paparan virus itu sendiri?

Pentingnya Tahu Cara Menggunakan Masker yang Ideal

Penularan COVID-19 itu sendiri bisa terjadi melalui droplet atau percikan dahak atau air liur saat penderitanya batuk atau bersin. Untuk mengurangi risiko penularan virus, orang yang sedang batuk atau bersin disarankan memakai masker guna menahan percikan cairan tubuh tersebut.

Tak sedikit orang yang menggunakan masker bedah di tengah wabah virus Corona. Namun, di tengah pandemik, jenis masker medis tidak bisa dengan mudah ditemukan karena  langka dan mahal. Tak hanya masyarakat, para dokter, perawat, dan seluruh petugas medis yang menangani pasien pun kini mulai kesulitan mendapatkannya.

Namun, meskipun demikian, penggunaan masker kain itu sendiri tidak disarankan untuk seluruh petugas medis. Hingga kini, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa masker kain efektif melindungi seseorang dari virus Corona.

Hal ini dikarenakan bahwa masker kain bukanlah peralatan medis dan belum diuji dengan standar medis yang diakui. Selain itu bahan kain yang digunakan pun tidak sama dengan bahan masker bedah atau masker N95. Sehingga, jenis masker yang satu itu tidak dapat mencegah masuknya virus ke dalam hidung atau mulut melalui udara.

Akan tetapi, The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menganjurkan penggunaan masker kain kepada masyarakat luas untuk menekan penyebaran virus Corona, terutama oleh orang yang sudah terinfeksi virus Corona namun tidak mengalami gejala apa pun dan tampak sehat-sehat saja.

Bagaimana Cara Menggunakan Masker yang Benar?

Walau disebut kurang efektif dibandingkan jenis masker medis pada umumnya, bukan berarti masker kain tidak layak digunakan sama sekali. Karena keterbatasan jumlah masker yang ideal untuk penjegahan virus, maka masker kain pun bisa dijadikan pilihan terakhir untuk melindungimu dari pemaparan viru atau COVID-19 ini. Nah, supaya maskermu tetap aman dan efektif digunakan, coba ikuti beberapa tips berikut ini:

1. Pilih yang Sesuai Ukuran Wajah

Hal yang pertama dalam penggunaan masker itu sendiri adalah dengan memilih masker yang sesuai dengan ukuran wajah dan dapat menutup mulut, hidung, dan dagumu. Masker yang pas dengan bentuk wajahmu tidak akan geser. Hal itu pun bisa lebih efektif untuk menghindari virus.

2. Pastikan Tanganmu Bersih Saat Mengenakannya

Selanjutnya, hal yang mesti diperhatikantentang cara menggunakan masker adalah sebelum mengenakannya, perhatikan pula kebersihan tanganmu. Pastikan tanganmu bersih serta terbebas dari kotorana atau debu yang menempel. Cuci tangan sebelum mengenakan masker, lalu kenakan masker pada wajah dan selipkan talinya di belakang telinga atau ikat tali masker di belakang kepala dengan erat agar masker tidak longgar.

3. Hindari Menyentuh Masker Saat Digunakan

Saat masker kain digunakan, hindari menyentuh masker. Jika ingin memperbaiki posisi masker yang berubah atau longgar, cuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh masker kain yang sedang digunakan.

4. Cuci Masker Kain Secara Teratur

Setelah selesai digunakan, lepaskan masker dengan cara membuka tali pengikat masker di belakang kepala lalu cuci masker kain dengan air panas dan detergen. Jangan lup juga untuk segera mengganti masker kain apabila sudah robek atau rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *