Tips

4 Cara Setrika Kaos Bahan Cotton Combed

cara menyetrika kaos

Banyak cara yang bisa kamu lakukan dalam merawat kaos polos kesayanganmu, Sobat Kaos! Tahu cara menyetrika kaos merupakan salah satu yang bisa kamu lakukan, apalagi jika bahan kaos yang digunakan memang harus dirawat dengan cara yang tepat. Nah, gimana sih caranya supaya kaos andalanmu bisa tetap awet saat distrika?

Pentingnya Tahu Cara Menyetrika Kaos Polos

Nah, mengetahui cara menyetrika kaos polos dengan benar merupakan salah satu upaya supaya bajumu tetap awet, tahan lama, dan selalu terlihat baru. Selain itu, jika kaos yang kamu kenakan tidak tampak kucel dan melar, maka hal ini juga bisa memengaruhi penampilan kamu dalam bergaya.

Makanya, penting banget buat kamu tahu cara menyetrika kaosmu itu lho. Apalagi jika kaos yang kamu kenakan terbuat dari bahan cotton combed. Tentunya bahan kain yang satu ini harus dirawat dengan baik, mulai dari cara mencuci, merendam, hingga menjemurnya.

Gimana Cara Menyetrika Kaos Polos?

Kaos yang kamu kenakan pada umumnya dibuat dari bahan katun / serat-serat kapas. Jika baju disetrika dengan cara yang tepat, maka akan lebih awet, warna tidak cepat pudar, serta bahan kain tidak mudah melebar.

1. Atur Suhu Alat Setrika

Hal yang paling penting dalam menyetrika kaos adalah dengan tahu pengaturan suhu alat strika yang akan digunakan. Dalam hal ini, cara alternatif yang bisa dilakukan untuk membuat baju dengan bahan katun bisa lebih rapi tergantung dari tingkat panas setrika. Untuk itu, sebelum menggunakan tips dan trik apapun, pastikan dulu setrika listrik yang digunakan sudah tersetel ke arah kain katun atau dengan suhu yang pas.

Biasanya, kamu harus menggunakan tingkat suhu yang tinggi untuk hal ini. Suhu rendah akan sedikit menyulitkan kita dalam menyetrika baju bahan katun.

2. Menyemprotkan Air atau Pelembut Pakaian

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menyemprotkan air atau pelembut pakaian saat melakukan proses setrika. Hal ini memang tergolong klasik, yaitu dengan menyemprotkan air bersih / pelembut pakaian ke baju katun untuk mendapatkan kelembapan  yang cukup.

Hal yang perlu dipahami selanjutnya adalah kamu harus menyetrika kaosnya selagi masih dalam keadaan lembap. Ini dilakukan supaya kaos polos yang disstrika mudah licin.

3. Gunakan Kain Penutup Saat Menyetrika

Kamu bisa menggunakan kain penutup pada saat menyetrika kaos polos bahan katun. Kain  ini berguna untuk menahan panas yang terlalu tinggi saat menyetrika kain katun.

Oleh karena itu, saat  kamu menyetrika kaos polosmu, kamu tidak boleh langsung menyentuhkan permukaan setrika yang panas pada kain katun. Sebagai contoh, kamu bisa mengambil  sepotong kain bersih yang kira-kira dapat digunakan sebagai penutup ketika menyetrika. Kain penutup ini digelarkan di atas kaos. Dengan begitu, suhu terpanas yang dihasilkan oleh setrika akan tertahan dulu oleh kain pelapis sehingga prosesnya bisa dilakukan secara optimal.

4. Perhatikan Cara Menjemur Kaos

Sebelum menyetrika, salah satu upaya merawat kaos kesayanganmu juga harus memerhatikan cara menjemurnya.  Kesalahan terbesar saat menjemur dapat menyulitkan kita dalam menyetrika baju katun karena akan sangat kusut dan terdapat banyak lipatan pada kaos.

Sementara itu, menyetrika baju dengan terlalu banyak kusut dan lipatan akan menyulitkan. Cara menjemur baju katun yang benar adalah dengan meminimalisir air cucian tanpa memeras baju katun terlalu keras. Kamu pun mesti menggenggam dan menekan kuat-kuat kaosnya hingga air perasannya keluar. Jika dirasa sudah cukup, kibaskanlah sebelum dijemur.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *