Info

Cara Perawatan Masker Kain untuk Pencegahan COVID-19

cara merawat masker

Orang-orang wajib mengenakan masker dalam jika pergi ke luar rumah. Bagi pengguna masker kain tentunya harus tahu bagaimana cara merawat masker kain yang digunakan. Selain itu, pemberlakuan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar rupanya menjadi solusi yang dipilih pemerintah dalam menanggapi nanjaknya angka pasien COVID-19.

Dalam hal ini, semua layanan transportasi dari mulai udara, laut, kereta api, dan jalan raya tetap berjalan namun dikakukan dengan adanya pembatasan jumlah penumpang. Selain itu, bertalian dengan imbauan sebelumnya mengenai pemakaian masker di tempat publik yang dikeluarkan oleh World Health Organisation (WHO).

Cara Merawat Masker Kain

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat masker kainmu:

1. Cuci Masker Kain Secara Teratur

Seorang ahli alergi dan imunologo sekaligus anggota Physicians for Patient Protection., Purvi Parikh, M.D. mengatakan bahwa masker harus dicuci setelah digunakan secara teratur. Dalam hal ini,  kemanapun kamu keluar rumah dengan masker kain di muka, maka setelah melakukan aktivitas tersebut, kamu harus langsung mencucinya. Selain itu, jangan biarkan terlalu lama karena bisa saja virus penyakit Covid-19 ini merangsek pada bagian dalam kain pada masker tersebut.

2. Mencuci Menggunakan Air Hangat

Untuk memastikan sterilnya masker saat mencucimya, kamu bisa menggunakan air hangat saat merendamnya. Penggunaan air hangat bisa dilakukan dengan untuk dapat menghilangkan bakteri dan virus tanpa melemahkan kain.

Untuk mencucinya, kamu bisa tetap menggunakan deterjen cuci yang biasa kamu gunakan. Selain menghilangkan bakteri dan virus, mencuci menggunakan air hangat juga akan membuat masker kamu tetap bersih dan juga tetap lembut, agar kain terlihat tetap bagus dan dalam kondisi selalu baik dalam waktu yang lama.

3. Mengeringkan Bagian Tertentu pada Masker

Salah satu cara merawat masker kain bisa dilakukan dengan memerhatikan proses pengeringannya. Jika maskermu memiliki penahan  atau pengikat berbahan elastis, harus dipastikan kamu mengeringkannya dengan benar agar bagian ini tidak rusak. Sebaliknya, bila pada maskermu terdapat bagian pengikat atau penahan berbahan kain, ini dapat dikeringkan secara teratur di dalam pengering pakaian.

4. Bisa Dicuci di Wastafel

Jika kamu tidak memiliki akses untuk mencucinya pada mesin cuci, kamu tetap bisa mencucinya di dalam wastafel. Di sana, kamu bisa mencuci masker kain seperti pada wastafel. Sangat disarankan menggunakan Woolite atau deterjen cuci tangan lainnya. Akan tetapi, jika tidak ada kamu bisa menggunakan sabun jenis apapun, karena fungsinya tetap sama untuk membunuh kuman.

Caranya yaitu, pertama-tama kamu bisa membasahi masker lalu menggosoknya  dengan menggunakan sabun sampai terlihat berbusa. Tidak hanya itu, disarankan pula untuk merendam masker dalam air panas dan sabun selama 30 menit.

5. Harus Punya Masker Cadangan

Maka tidak ada salahnya memiliki satu atau dua cadangan yang dapat kamu kenakan secara bergantian ketika sedang dicuci. Namun, jika kamu tidak juga menyiapkan masker cadangan, maka cucilah masker tiap kali selesai menggunakannya dan langsung dikeringkan, agar ketika kamu harus memakainya, masker sudah kering dan siap untuk dipakai kembali.

Temukan Masker Kain dan Konveksinya

Mengetahui bahwa masker yang dibuat dari bahan kain bisa dijadikan alternatif untuk pencegahan penularan virus corona, akhirnya banyak konveksi masker yang meningkatkan produksinya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara luas. Selain itu pun masker yang dibuat pun diproduksi dengan berbagai macam model dan pilihan, termasuk dibuat dengan berbagai macam gambar yang menarik.

Nah, Bandung Kaos Polos juga memproduksi berbagai jenis masker kain yang kamu butuhkan lho. Untuk itu, jangan ragu untuk order masker yang sesuai dengan kebutuhanmu di sini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *