Tips

3 Tips Pemilihan Bahan Masker Kain yang Tepat untuk Cegah COVID-19

Tips memilih bahan masker kain

Penggunaan masker di masa pandemi COVID-19 ini sangatlah penting. Untuk itu, kamu juga perlu tahu tentang tips memilih bahan masker kain yang akan digunakan sehari-hari selama pandemi ini berlangsung. Hal ini dilakukan supaya kamu tahu bahan seperti apa bahan kain untuk masker yang baik dan efektif dalam mencegah penularan virus corona.

Pentingnya Memilih Bahan Masker Kain untuk Cegah COVID-19

Jenis masker bedah atau surgical mask dan N95 memang jenis yang paling efektif dalam mencegah penularan virus corona yang mewabah di berbagai belahan dunia ini. Akan tetapi, penggunaan kedua jenis masker tersebut hanya disarankan untuk tenaga medis yang lebih membutuhkan dalam menangani pasien secara langsung.

Untuk itu, sebagai alternatifnya, pemerintah dan organisasi kesehatan menyarankan masyarakat umum untuk menggunakan masker yang dibuat dari bahan kain sebagai pengganti masker medis. Namun, tentunya tidak semua jenis kain bisa digunakan sebagai bahan pembuat masker.

Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk tahu tips memilih bahan masker kain yang akan digunakan. Jenis bahan kain yang tepat akan menentukan efektivitas penggunaan masker dalam hadapi virus corona.

Tips Memilih Bahan Masker Kain yang Tepat

Seperti yang sebelumnya dikatakan bahwa memilih bahan masker kain yang tepat dapat menentukan efektivitas penggunaannya. Nah, kira-kira bagaimana sih caranya supaya kita bisa menemukan bahan kain yang bagus untuk penggunaan masker? Berikut ini adalah jawabannya:

1. Pilihlah Kain Bahan Katun

Para pakar kesehatan sangat menyarankan masker kain harus dibuat dari bahan yang tepat, salah satunya adalah bahan katun. Mengapa harus jenis bahan kain yang satu ini? Hal ini dikarenakan bahwa kain katun ternyata mampu setidaknya mencegah droplet langsung ke permukaan kulit hingga 70% dari jenis kain lainnya. Ini tentu membuat penularan virus corona bisa dicegah dengan masker bahan kain yang satu ini walaupun tidak terlalu efektif.

Selain itu, penggunaan bahan katun ini juga dapat membuat penggunanya lebih nyaman saat bernapas. Maka dari itu, cerilah masker dengan bahan katun yang baik.

2. Jangan Menggunakan Bahan yang Lembap dan Susah Kering

Selain merekomendasikan bahan kain katun untuk pembuatan masker, para pakar juga menyeru untuk tidak menggunakan masker dengan bahan yang lembap dan susah kering. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan bahan yang mudah lembap dan susah kering sangat rentan menjadi sarang kuman dan bakteri yang juga berbahaya. Selain itu, kain yang memiliki sifat tersebut juga bisa menjadi tempat mereka berkembangbiak.

Jenis bahan yang harus dihindari di antaranya adalah kain tenun, rajutan / wol, spandek, poliyester, dan kain-kain yang memiliki sifat yang sama lainnya.

3. Gunakan Bahan Kain yang Nyaman

Selain bahan kain yang bisa menghidari droplet penularan virus, kamu pun sebaiknya memilih masker kain dengan bahan yang nyaman saat digunakan. Misalnya, masker yang tidak akan terasa pengap jika digunakan. Smart Air Filters, para peneliti dari Universitas Cambridge mengatakan bahwa ada beberapa bahan kain yang biasa digunakan di rumah yang dapat digunakan sebagai pembuat masker.

Bahan yang bisa dibuat di antaranya adalah bahan pembuat kaos dan sarung bantal dari bahan katun. Kamu pun bisa memanfaatkan bahan tersebut untuk membuat masker sendiri di rumah jika mau.

Itulah beberapa tips memilih bahan masker kain yang bisa kamu lakukan supaya tidak salah pilih. Nah, Bandung Kaos Polos juga menyediakan masker kain yang bisa digunakan untuk sehari-hari dalam upaya pencegahan penularan corona virus ini. Kamu pun bisa pesan masker custom di sini.

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *