Info

4 Jenis Kain untuk Pembuatan Masker yang Sering Digunakan

Bahan kain untuk masker

Penggunaan masker di tengah-tengah wabah COVID-19 ini merupakan hal yang wajib dilakukan. Kamu pun bisa menggunakan masker kain untuk pencegahan penularan virus yang satu ini. Akan tetapi pastikan kalau kamu menggunakan jenis bahan kain untuk masker yang tepat supaya penggunaannya pun lebih efektif. Nah, kira-kira bahan kain jenis apa yang cocok dan bisa digunakan dalam pembuatan masker pelindung itu sendiri?

Seperti Apa Masker Kain yang Efektif Itu?

Dalam menghindari penularan virus corona yang berbahaya dan mudah tersebar pada tubuh manusia, maka para pakar kesehatan menyarankan untuk wajib menggunakan masker. Mereka juga sepakat jika penggunaan masker kain juga bisa menjadi alternatif atau pilihan yang tepat untuk pengganti masker bedah (surgical mask) yang biasa digunakan oleh para tenaga medis. Jadi, jika tidak ada surgical mask, kamu  boleh menggunakan masker dari jenis bahan kain tertentu.

Lalu seperti apa sih masker kain yang efektif untuk mengurangi risiko pemaparan virus corona itu sendiri?

Nah, kenapa kita harus menggunakan masker untuk menghindari penularan COVID-19 itu? Corona virus memiliki ukuran diameter sekitar 0.05 – 0.3 micron dan memiliki daya penyebaran yang cukup cepat melalui droplet / air liur penderitanya saat bersin atau batuk. Karena itu, kita diawajibkan melakukan penggunaan masker.

Secara teknis memang jenis masker N95 dan masker bedah yang paling efektif menyaring virus hingga 95% lebih efektif dibandingkan masker lainnya. Akan tetapi, virus corona bukanlah virus yang ditularkan melalui udara melainkan dari droplet atau percikan cairan tubuh. Karenanya, masker kain masih bisa berfungsi jika digunakan dengan benar, setidaknya untuk mencegah droplet tersebut mengenai orang lain.

Jenis Bahan Kain untuk Masker Efektif dalam Pencegahan COVID-19

Para peneliti dari University of Cambridge telah mengamati efektivitas masker rumahan dari berbagai bahan kain. Nah, kira-kira jenis bahan kain untuk masker yang efektif itu apa saja sih?

Bahan kain yang memiliki daya saring dan mampu menahan penyebaran virus adalah yang paling baik digunakan. Berikut ini adalah beberapa jenis bahan kain untuk masker tersebut:

1. Bahan Serbet

Salah satu bahan yang bagus digunakan untuk pembuatan masker kain adalah bahan kain serbet. Biasanya, jenis kain yang satu ini digunakan untuk lap piring. Namun, permukaannya yang padat bisa menahan penularan virus lho. Kamu bisa membuat masker kainmu sendiri dengan menggunakan bahan ini.

2. Kain Sarung Bantal Katun

Jika kamu berniat untuk membuat maskermu sendiri, bahan kain sarung bantal dari katun bisa digunakan. Sama halnya dengan bahan serbet, permukaannya cukup padat dapat digunakan untuk menahan penyebaran virus walaupun tidak seefektif surgical mask atau N95. Perhatikan juga ukuran dan cara memakai masker kain yang benar supaya bisa lebih efektif.

3. Kain Kaos Katun

Kain kaos katun juga merupakan slalah satu jenis bahan kain untuk masker yang bisa digunakan untuk mencegah pemaparan COVID-19 itu sendiri. Selain itu, jenis kain yang satu ini juga merupakan yang paling sering digunakan oleh konveksi masker.

4. Kain Scuba

Selain bahan kaos katun, kain scuba juga salah satu bahan kain yang sering digunakan untuk pembuatan masker. Bahkan, ada beberapa jenis kain scuba yang bersifat waterproof dan dipercaya bisa lebih efektif ketimbang jenis kain lainnya.

Namun perlu diingat bahwa kamu pun sebaiknya menggunakan beberapa lapis bahan kombinasi agar lebih efektif menyaring partikel. Tapi ingat, semua ini tidak berfungsi jika Anda mengenakan masker dengan cara yang tidak tepat. Pemasangan yang tidak tepat dapat menurunkan efisiensi penyaringan 60 persen.

Kamu juga bisa membeli masker kain di Bandung Kaos Polos.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *